Mengenal Pengobatan Cina

Pengobatan Cina atau Pengobatan Tradisional Tionghoa adalah praktik pengobatan yang dilakukan di Cina dan telah berkembang selama beberapa ribu tahun. Praktek pengobatan ini meliputi metode pengobatan herbal, akupunktur, dan pijat. Pengobatan ini digolongkan ke dalam kategori kedokteran Timur, seperti halnya pengobatan-pengobatan tradisional Asia Timur lain, yaitu Pengobatan Kampo (Jepang) dan Korea.

sinshe praktekPengobatan Cina meyakini bahwa segala proses dalam tubuh manusia berhubungan dan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu, pada dasarnya setiap penyakit disebabkan oleh ketidakharmonisan antara lingkungan di dalam dan di luar tubuh seseorang. Gejala ketidakseimbangan ini digunakan dalam pemahaman, penyembuhan, dan pencegahan penyakit menurut metode Pengobatan Cina.

Teori yang digunakan dalam Pengobatan Cina didasarkan pada beberapa acuan filsafat, termasuk teori Yin-Yang, pedoman lima unsur (Wu-Xing), sistem meridian tubuh manusia (Jing-luo), teori organ Zang Fu dan lain sebagainya. Diagnosis dan perawatan dalam Pengobatan Cina merujuk pada konsep-konsep tersebut.

Pengobatan Tradisional Cina tidak jarang berselisih dengan kedokteran Barat, namun beberapa praktisi justru mengkombinasikannya sedemikian rupa dengan prinsip kedokteran melalui penelitian panjang di bidang medis sebagai pembuktian.

Sebagian besar filosofi Pengobatan Tradisional Cina berasal dari filsafat Taois yang mencerminkan kepercayaan masyarakat Cina Kuno. Dimana dinyatakan bahwa pengalaman pribadi seseorang memperlihatkan, mencerminkan sekaligus berhubungan erat dengan takdir dari surga.sinshe buku

Seiring dengan berjalannya waktu, muncul perbedaan antara Pengobatan Cina Kuno dengan Pengobatan Cina Modern. Pemerintah Nasionalis Cina pada masanya menolak dan mencabut perlindungan hukum terhadap Pengobatan Tradisional Cina karena mereka tidak menginginkan Cina tertinggal dalam hal perkembangan ilmu pengetahuan yang ilmiah. Selama 30 tahun, Pengobatan Tradisional dilarang di Cina dan beberapa orang dituntut oleh pemerintah karena melakukan praktek Pengobatan Tradisional. Baru pada tahun 1960-an, Mao Zedong pada akhirnya memutuskan bahwa pemerintah tidak dapat melarang Pengobatan Tradisional. Ia memerintahkan sepuluh dokter terbaik untuk meneliti Pengobatan Cina Kuno serta membuat suatu standar pengobatan yang kemudian digunakan sampai sekarang.

Kini, Pengobatan Tradisional Cina diajarkan di hampir semua sekolah kedokteran Cina, bahkan di sebagian besar negara Asia dan Amerika Utara. Walaupun ilmu kedokteran dan kebudayaan Barat telah menyentuh daratan Cina, Pengobatan Tradisional Cina belum dapat tergantikan. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor. Pengobatan Tradisional Cina bagaimanapun juga terbukti efektif, bahkan kadang menjadi pilihan utama ketika ilmu kedokteran Barat tidak lagi mampu menangani suatu penyakit. Termasuk sebagai metode pengobatan rutin pada kasus flu dan alergi serta menangani keracunan. Di dunia Barat sendiri, Pengobatan Tradisional Cina dianggap sebagai pengobatan alternatif.

sinshe19Pengobatan Tradisional Cina merupakan suatu bentuk terapi penyembuhan yang berakar dari konsep kepercayaan kuno. Bahkan hingga abad kesembilan belas, para praktisi Pengobatan Tradisional Cina masih memiliki pengetahuan yang terbatas mengenai penyakit infeksi. Pemahaman terhadap ilmu kedokteran Barat, contohnya biokimia, juga masih belum seberapa. Para praktisi pengobatan tersebut menggunakan teori-teori yang telah berumur ribuan tahun. Teori kuno tersebut mendasari sistem prosedur yang menjadi dasar diagnosa dan penyembuhan.

Namun karena sejarah dan keefektifannya, Pengobatan Tradisional Cina kini menjadi bagian dari pengobatan modern dunia. Dalam beberapa dekade belakangan ini, banyak ahli kedokteran Barat yang juga meneliti kebenaran Pengobatan Tradisional Tionghoa. Hasilnya, metode Pengobatan Tradisional Cina sering diterapkan dalam membantu penanganan efek samping kemoterapi, membantu perawatan ketergantungan obat terlarang dan merawat berbagai kondisi kronis yang oleh pengobatan konvensional dianggap mustahil untuk disembuhkan.

Termasuk dalam metode diagnosis Pengobatan Tradisional Cina adalah:sinshe nadi

  1. Palpasi atau merasakan denyut nadi arteri rasialis pasien pada enam posisi. Saking pentingnya pemeriksaan nadi ini, masyarakat Cina terkadang sampai menyebut upaya berobat sebagai aktivitas pemeriksaan denyut nadi.
  2. Mengamati keadaan lidah pasien
  3. Mengamati wajah pasien
  4. Menyentuh tubuh pasien, terutama bagian perut
  5. Mengamati suara pasien
  6. Mengamati permukaan telinga
  7. Mengamati pembuluh darah halus
  8. Membandingkan kehangatan suhu tubuh
  9. Mengamati bau badan pasien
  10. Menanyakan gejala yang dialami
  11. Serta pemeriksaan-pemeriksaan lain yang dilakukan tanpa alat dan tidak melukai pasien